Teman, salah satu tumpuan yang bisa diharapkan untuk keberhasilan pengelolaan lingkungan kita yaitu sains dan teknologi. Ya.. mungkin selama ini penerapan teknologi yang terjadi pada umumnya bersifat sebagai teknologi eksploitasi kepada alam saja. Namun sekarang hal yang jelek itu harus dirubah, serta mengusahkan teknologi mampu mengarahkan perencanaan dan pengelolaan lingkungan dan sekaligus memberikan koreksi terhadap cara-cara lama dan kerusakan lingkungan yang ada.
Keberdayaan suatu negara agar mampu berperan dalam era globalisasi sangat ditentukan oleh keberdayaan ekonomi termasuk didalamanya yaitu sains dan teknologi. Keberdayaan ekonomi ditandai dengan sektor industri yang kuat. Kalo sudah begini? Semua berlomba membangun industri, dan akibatnya:
 Lahan pertanian berkurang akibat pembangunan perkotaan, yang pada gilirannya akan menimbulkan masalah secara langsung dalam bidang penyediaan pangan.
 Penggunaan jumlah dan macam SDA menjadi semakin meningkat pula, baik sebagai bahan baku maupun keperluan proses produksi.
 Lahan untuk kehidupan liar makin berkurang.
Dengan demikian, jika perindustrian meningkat, pada gilirannya SDA dan sistem pendukung kehidupan manusia akan terkuras habis. Maka dari itu diperlikannya upaya agar proses produksi barang dan jasa terus mengalami peningkatan, namun sementara itu SDA tetap tersedia dan sistem pendukung kehidupan tetap terpelihara. Inilah yang menjdi prinsip dalam pembangunan berkelanjutan.
Secara keseluruhan prinsip pembangunan berkelanjutan yang berwawasan pada lingkungan antara lain:
 Menata dan mengelola agar daur ekologik dasar (abiotik-produsen-konsumen-pengurai) tetap berfungsi dalam lahan yang telah mengalami perubahan peruntukkan.
 Hasil pembngunan nantinya digunakan untuk mempertahankan kualitas lingkungan kawasan yang SDA nya dieksploitasi.
 Memberikan kontrol dan memprakirakan masa depan. Terlebih lagi jika memanfaatkan teknologi yang mampu menampilkan model-model stimulasi dalam sistem guna menjalankan tujuan yang satu ini yaitu mengontrol dan memprakirakan.
 Aparat birokrasi yang bersih dan berwibawa dapat menunjang keberhasilan pembangunan yang berwawasan lingkungan.
 Dan yang tak kalah pentingnya yaitu alat yang dapat menunjang point-point diatas.