ukh…alam mungkin sudah muak dengan semua perlakua-perlakuan kita kepada mereka, buktinya ada-ada saja terjadi peristiwa-pristiwa alam yang menjadi bencana bagi manusia,,, ya memang itu benar adanya, sebenarnya peristiwa peristiwa alam itu banyak yang terjadi karena ulah kita sendiri kok, contohnya saja banjir bandang, dimana dentuman air datang secara tiba-tiba datang mengagetkan kondisi dan menghantam apa saja yang dilewatinya, nah dari mana datangnya air itu jika bukan dari dataran tinggi yang dulunya tertanam hijau-hijau daun yang jika kita lihat serasa di awan karena keasrian dari padanya dan kesejukkan mata karena kehijauaannya. namun, lagi-lagi karena ulah manusianya sendiri yang entah mengapa tak bisa diam sejenak untuk mengendalikkan hasrat perusaknya untuk merusak hutan tersebut, kalau begitu tidak heran jika air itu mengguyur deengan hebat menuju dataran dibawahnya karena hutan itu tak mampu lagi menyerap dengan banyak air yang membasahi tanahnya. Funsi nya sebagai penyerap air sudah diganngu dan dirusak manusia, mau tidak mau, dengan terpaksa hutan mengijinkan air tersebut lolos darinya, dan akhirnya menjadi bencana bagi penghuni dibawah datarannya.

kalau sudah begini, apakah kita berucap kepada alam, mengapa kau timbulkan bencana buat kami? benarkah jika kita berkata seperti itu setelah membaca uraian diatas? bukankah yang menyebabka itu semua adalah tangan manusianya sendiri. Ya itulah hasil dari perbuatan mereka sendiri, siapa yang menanam akan memperoleh hasilnya.

Alam sudah begitu baik dengan kita dengan menyediakan segala sumber daya alamnya kepada kita dan itu pun ia lakukan dengan ikhlas, tapi mengapa wahai manusia….. kau tak juga sadar , apa yang telah kau lakukan pada kami? apakah memang kalian wahai manusia tak mau aku muliakan dengan apa yang aku punya demi kesejahteraan kamu?

dengan adanya akibat dari kesalahan perbuatan manusia, semoga manusia sadar dan lebih memperhatikan lingkungannya. Manusia yang telah diberi kelebihan berupa akal oleh sang pencipta pasti akan bisa lebih bisa berfikir  dengan arif dserta bijaksana dengan apa yang dilakukannya. Disini Etika dan moral manusia berperan demi terciptanya keharmonisan lingkungan hidup kita.